Tanya-Jawab seputar HCV Lead Assessor

HCV ALS Lead Assessor ONLINE Training
July 16, 2020
Masa Depan Kelestarian Hutan Indonesia
July 22, 2020
 
Berikut merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh calon peserta HCV ALS Lead Assessor Training:
Q: “Bagaimana training ini bisa membantu saya untuk jadi Lead Assessor?”
A: Tahapan untuk menjadi HCV Lead Assessor secara detil dapat dilihat di website HCVRN: The ALS. Secara ringkas, syaratnya yaitu; mengisi formulir di website HCVRN, lulus pelatihan HCV ALS dan mendapat kode unik, memiliki minimal 2 pengalaman assessment HCV, dan selanjutnya membayar biaya pendaftaran sebesar 500 USD.
Q: “Ada syarat khusus untuk menjadi peserta dalam training ini?”
A: Pendidikan minimal sarjana, semua jurusan. Materi yang dibahas dalam pelatihan ini mencakup biodiversiti, lanskap secara luas, ekosistem dan habitat, jasa lingkungan, dengan dasar ilmu mencakup kehutanan dan lingkungan. Lalu sosial ekonomi dan budaya yang dasar ilmunya mencakup ilmu-ilmu sosial. Output dari pelatihan ini berupa peta, sehingga ilmu dasar tentang geospasial juga dibutuhkan. Apabila calon pendaftar tersebut sudah berpengalaman dalam penilaian HCV, maka akan lebih mudah untuk bisa mengikuti pelatihan.
Q: “Saya belum pernah sama sekali melakukan penilaian HCV. Apakah saya bisa mengikuti training?”
A: Kami sarankan anda membaca terlebih dahulu Common Guidance 2013 sebagai panduan umum penilaian HCV. Jika anda mengikuti training dari awal sampai akhir, maka akan mendapat gambaran jelas mengenai proses penilaian. Setelah itu, siapa tahu anda bisa menambah jejaring dengan sesama rekan pelatihan dan mendapat kesempatan untuk ikut penilaian HCV.
Q: “Biayanya mahal, kalau tidak lulus apakah ada kebijakan pengulangan?”
A: Syarat kelulusan dari pelatihan ini yaitu mengikuti semua rangkaian proses pelatihan (penilaian keaktifan), pre-test, post-test, simulasi pembuatan public summary dan laporan. Bobot terbesar ada di post-test dan public summary. Biasanya yang tidak lulus adalah karena tidak mengumpulkan public summary atau terlambat mengumpulkan (ada pengurangan poin). Jika tidak lulus, maka peserta akan mendapat sertifikat partisipasi dan tidak ada kebijakan pengulangan.
Q: “Jika saya sudah menjadi Lead Assessor, tetapi bekerja di perusahaan perkebunan. Apakah itu berarti saya bisa melakukan HCV assessment sendiri?”
A: Betul, anda bisa melakukan penilaian HCV sendiri dengan dibantu oleh tenaga ahli pada masing-masing kriteria NKT. Nantinya laporan itu harus diajukan ke HCVRN untuk dinilai oleh Quality Panel.
Buy now
WhatsApp WhatsApp Us