Environmental/social  due diligent


Suatu audit atau investigasi dengan standard tertentu yang diminta oleh calon investor atau pihak lain terkait aspek lingkungan atau sosial dari perusahaan yang akan diambil alih sebelum adanya kontrak , transaksi maupun persetujuan kedua belah pihak.

Environmental/social risk management


Manajemen risiko lingkungan dan sosial meliputi:

  • Integrasi sistematis pertimbangan lingkungan dan sosial ke dalam operasi perusahaan, termasuk definisi yang jelas tentang adanya  peran/tanggungjawab manajemen senior dan mekanisme pengawasan, tanggung jawab  staf, dan adanya pelatihan staf
  • Pengumpulan, evaluasi dan pelaporan informasi lingkungan dan sosial yang tepat tentang operasional perusahaan yang diusulkan/sedang berlangsung, yang mengarah ke keputusan dengan informasi yang lengkap tentang apakah risiko lingkungan dan sosial yang terkait dengan operasi dapat diterima;
  • Pengendalian risiko lingkungan dan sosial yang terkait dengan operasional, dan realisasi potensi manfaat lingkungan dan sosial yang terkait dengan operasional.

High Conservation Value Assessment dan Management


HCV Assessment atau penilaian NKT merupakan kegiatan melakukan identifikasi kawasan-kawasan yang mempunyai nilai konservasi tinggi pada suatu kawasan atau landscape ataupun suatu unit pengelolaan yang diperuntukan agar kawasan-kawasan yang bernilai konservasi tinggi tersebut tetap dipertahankan atau ditingkatkan nilainya untuk keberlanjutan fungsi ekologi dan fungsi sosial kawasan tersebut.

Social Impact Assessment dan Management


Social impact assessment merupakan kegiatan penilaian dampak sosial dari suatu aktivitas, operasional atau suatu project yang dilakukan oleh suatu organisasi atau unit usaha terhadap pekerja, masyarakat maupun lingkungan disekitarnya dengan tujuan untuk menekan atau mengurangi dampak sosial dari operasional atau project tersebut dan mengelola isu-isu sosial yang muncul sehingga dapat berdampak positif bagi unit usaha atau organisasi maupun masyarakat di sekitarnya.

 

Penilaian Stock Karbon dan Perhitungan Gas Rumah Kaca (GRK)


Penilaian Stock Karbon RSPO dan Perhitungan GRK merupakan persyaratan untuk Prosedur Pembangunan Kebun baru. Alat ini merupakan pedoman untuk mengidentifikasi dan memperkirakan stok karbon sebelum dan setelah pengembangan kebun baru serta sumber utama emisi yang dapat diakibatkan langsung dari pembangunan kebun baru tersebut. Penilaian Stock Karbon dan perhitungan GRK harus dilakukan untuk meminimalkan emisi gas rumah kaca bersih yang memperhitungkan menghindari pembukaan lahan dengan stok karbon tinggi dan / atau opsi penyerapan carbon.

Hazard Identification, Risk Assessment dan Control (HIRAC)


Untuk mengidentifikasi bahaya, penilaian dan pengendalian resiko dari kecelakaan kerja dan pencemaran lingkungan biasanya disebut HIRAC (Hazard Identification, Risk Assessment and Control). Ada tiga bagian utama dalam HIRAC, yaitu: upaya melakukan identifikasi terhadap bahaya dan karakternya, dilanjutkan dengan melakukan penilaian risiko terhadap bahaya yang ada, setelah itu merekomendasikan upaya. Selanjutnya oleh unit usaha atau organisasi digunakan untuk merencanakan program untuk meminimalisasi risiko bahaya dari kegiatan operasionalnya.

Certification Support Initiative (CSI): Consultancy for ISO & OHSAS, Palm Oil Certification (RSPO, ISPO, ISCC), Forest Certification (FSC, PEFC, LEI, PHPL, SVLK)


Suatu organisasi atau unit usaha yang menginginkan memperoleh sertifikat atau peningkatan pemenuhan terhadap suatu standard sertifikasi tertentu seperti sertifikasi ISO 9001 (Quality Management System), ISO 14001 (Environmental Management System), OHSAS, Palm Oil Certification (RSPO, ISPO, ISCC), Forest Certification (FSC, PEFC, LEI, PHPL dan SVLK). Dengan program yang didesain dalam jangka waktu tertentu perusahaan didorong untuk dapat memenuhi standard-standard tersebut sampai memperoleh sertifikat.